Kamis, 11 Februari 2016

Perlunya mengetahui Syarat Umrah

Perlunya mengetahui Syarat Umrah


Sebagai seorang yang beriman tentu kita bertekad untuk menunaikan ibadah umroh sehingga kita perlu tahu syarat umrah.   Untuk itu  sudahkah Anda mengetahui syarat menunaikan ibadah umroh ? Banyak juga saat ini mereka yang mendaftar umroh namun belum mengetahui syarat umroh ! Baiklah, sebelum kita menjalankan ibadah umroh maka kita harus tahu syarat dan rukun dalam  menunaikan iabdah umroh tersebut.  

Untuk syarat menunaikan ibadah umroh adalah harus memenuhi seluruh ketentuan sebagai berikut :   Islam. Orang kafir tidak disyariatkan  untuk menunaikan ibadah  umrah maupun  ibadah-ibadah lainnya.  Sudah Baligh (Dewasa) , jadi anak kecil yang belum kondisi baligh juga tidak disyariatkan melakukan ibadah umrah. Bila melakukan ibadah umroh, maka  sekalipun umrahnya sah tetap harus mengulang bila  anak tersebut  telah mumayyiz. 

Orang tersebut harus  Aqil (Berakal sehat). Hal ini disebabkan karena umrah membutuhkan  waktu yang lama  sehingga membuat kepentingan tuannya pasti  terabaikan.  Syarat umroh terakhir adalah  Istitha’ah atau mempunyai  kemampuan baik segi fisik, harta, dan keamanan.


Menunaikan ibadah umrah tidaklah sulit.  Setelah mengetahui syarat umrah, berikut adalah rukun umrah :  Niat ihram , Thawaf Umrah, Sa’I, Tahallul  (cukur rambut) , tertib berurutan.  Adapun cara melakukan ibadah umroh adalah mandi, berwudhu, ihram dari miqot, shalat sunat ihram dua rakaat, niat umroh sambil  membaca “ Labbaik Allahumma ‘Umratan ”, selain itu juga membaca Talbiah serta tawaf di Masjidil Haram, Tawaf, Sa’i, antara Shafa dan Marwah dan Tahallul (cukur) .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar